Cara Menghemat Waktu Pada Proses Rekonsiliasi Bank
Rekonsiliasi bank merupakan salah satu proses yang penting dalam aktivitas keuangan suatu perusahaan.
Umumnya, rekonsiliasi bank dilakukan untuk membandingkan antara catatan transaksi perusahaan dengan catatan transaksi yang tercatat pada laporan bank.
Proses ini akan membantu perusahaan untuk memperjelas pertanyaan sederhana seperti berapa banyak uang yang benar-benar dimiliki dan berapa banyak tagihan yang belum dibayar.
Selain itu, rekonsiliasi bank juga memberikan informasi tentang adanya ketidakselarasan atau ketidakcocokan pada salah satu transaksi yang tercatat baik oleh perusahaan maupun bank.
Oleh karena itu, menghemat waktu proses rekonsiliasi bank menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan.
Teknologi Automation Untuk Efisiensi Rekonsiliasi Bank
Tingkat akurasi merupakan aspek yang sangat penting dalam proses rekonsiliasi bank. Karena, kesalahan kecil dalam transaksi bank dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam neraca keuangan yang dapat menimbulkan beberapa masalah serius dalam pengelolaan keuangan perusahaan.
Pada situasi ini, perusahaan harus melakukan rekonsiliasi bank secara rutin dengan frekuensi yang ditentukan, hal ini dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki kesalahan atau ketidakcocokan yang telah terjadi secepat mungkin.
Namun, proses rekonsiliasi yang kompleks juga memakan waktu dan sumber daya perusahaan yang berharga.
Kendatipun begitu, penggunaan teknologi Process Automation memiliki potensi yang cukup besar untuk meningkatkan kecepatan dan keakuratan proses rekonsiliasi bank.
Harus diingat, proses rekonsiliasi bank mencakup banyak tahap mulai dari pengumpulan data hingga pelaporan akhir bulan.
Riset menunjukkan bahwa pada tahap pengumpulan data, sering terjadi banyak kesalahan manusia dan ketidakcocokan. Untuk mengurangi kesalahan ini, perusahaan dapat memanfaatkan AI untuk entri data otomatis pada tugas-tugas berulang tersebut.
Penggunaan teknologi Process Automation tidak hanya membantu tim keuangan mengotomatisasi tugas rutin tetapi juga meningkatkan kecepatan pengumpulan dan analisis data yang diperlukan untuk rekonsiliasi bank.
Menghemat 85% Waktu Dengan Rekonsiliasi Bank Otomatis
Solusi otomatisasi menawarkan jalan keluar yang efektif dari tantangan pada volume transaksi yang besar dan kerumitan proses rekonsiliasi bank.
Salah satu contoh penggunaan teknologi Automation dalam proses rekonsiliasi bank yaitu di salah satu Non-Banking Financial Company (NBFC) terbesar di India.
Melalui penerapan teknologi ini, NBFC berhasil memangkas 85% dari waktu yang biasanya diperlukan pada proses rekonsiliasi bank. Seperti dikutip dari halaman Linkedin RPATech.
Sejalan dengan itu, NBFC dapat memanfaatkan waktu dan sumber daya manusia yang tersisa untuk meningkatkan kinerja operasional pada area lainnya.
Lebih lanjut, Grand View Research mengungkapkan bahwa 65% perusahaan besar menerapkan teknologi Automation untuk mengurangi waktu yang terbuang dalam aktivitas konvensional dan membantu menghemat waktu dalam pengambilan keputusan strategis.
Mengadopsi Rekonsiliasi Bank Otomatis Untuk Efisiensi Finansial
Seperti yang sudah dijelaskan, otomatisasi membantu perusahaan mempercepat proses dan mengurangi risiko kesalahan manusia dalam proses rekonsiliasi bank.
Implementasi teknologi Process Automation dalam proses rekonsiliasi bank memang menjadi tren masa kini.
Namun saat ini, masih banyak perusahaan yang belum menerapkan teknologi ini dalam operasionalnya.
Karena alasan tersebut, berikut langkah yang dapat diambil oleh perusahaan untuk mengadopsi teknologi Automation dalam proses rekonsiliasi bank:
1. Evaluasi Kebutuhan
Pertama-tama, evaluasilah kebutuhan Anda. Tinjau proses rekonsiliasi bank Anda saat ini dan identifikasi area di mana otomatisasi dapat memberikan manfaat terbesar.
Pertimbangkan juga faktor seperti volume transaksi, kompleksitas bisnis, dan kebutuhan keamanan data.
2. Riset Solusi Automation
Lakukan penelitian tentang berbagai solusi otomatisasi yang tersedia di pasaran. Pertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan, biaya implementasi, dan ulasan dari pengguna lain.
Pilihlah solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran perusahaan Anda.
3. Pemilihan Vendor
Setelah Anda mempersempit pilihan, lakukan proses pemilihan vendor. Hubungi vendor-vendor yang dipilih dan minta demo produk mereka.
Pastikan untuk bertanya tentang dukungan pelanggan, pembaruan perangkat lunak, dan keamanan data.
4. Implementasi Solusi
Setelah memilih vendor, langkah berikutnya adalah mengimplementasikan solusi otomatisasi dalam proses rekonsiliasi bank Anda.
Bekerjasama dengan tim IT dan keuangan Anda untuk memastikan implementasi berjalan lancar.
Pastikan untuk memberikan pelatihan kepada staf yang akan menggunakan solusi tersebut.