PT. Solusi Aplikasi Integrasi PT. Solusi Aplikasi Integrasi
Demo Gratis
  • Products
    • Nanonets
    • Syclus
    • Docuflo
  • Event
  • Articles
  • Contact
  • About Us
  • October 11, 2024
  • Aaron Ehasz
  • Artikel, IT Trends In Business

Cara Memilih Penyedia OCR Indonesia Yang Tepat untuk Bisnis

Cara Memilih Penyedia OCR Indonesia Yang Tepat untuk BisnisKegiatan operasional perusahaan melibatkan banyak dokumen, seperti invoice vendor, laporan keuangan, kontrak, dan dokumen internal perusahaan.

Jika dokumen-dokumen tersebut tidak ditangani dengan baik, akan membuat operasional perusahaan lambat.

Oleh karena itu, manajemen dokumen menjadi hal penting yang harus dikelola dengan baik oleh setiap perusahaan.

Teknologi modern telah mempermudah proses manajemen dokumen, termasuk di antaranya menggunakan OCR AI untuk mengkonversi dokumen fisik menjadi format digital, penyimpanan dokumen secara online, dan alat manajemen dokumen lainnya.

Tentu saja, solusi OCR (Optical Character Recognition) penting untuk otomatisasi kantor, terutama dalam hal mengoptimalkan penggunaan dokumen digital.

Sebelum memilih penyedia solusi OCR Indonesia yang tepat untuk bisnis spesifik Anda, terdapat 5 hal yang perlu dipertimbangkan. Beberapa diantaranya meliputi:

1. Dapat Dikustomisasi dengan Mudah

OCR yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis memungkinkan implementasi solusi yang sesuai dengan kompleksitas operasional bisnis.

Dalam hal ini, penyedia OCR Indonesia dapat mengintegrasikan dengan berbagai macam aplikasi bisnis dan sistem yang sudah ada di perusahaan Anda.

Ketika OCR dapat dipasang dengan sistem bisnis yang ada. Tentu saja, menghindari biaya pengembangan sistem baru dari nol.

Selain itu, solusi OCR yang dikustomisasi juga dapat menyesuaikan dengan jenis dokumen yang diolah oleh bisnis Anda.

Ini penting karena jenis dokumen yang diolah setiap bisnis dapat berbeda tergantung pada jenis bisnis yang dilakukan.

Solusi OCR yang disesuaikan dapat membaca dan mengenali bahasa, logo, simbol, jenis font, atau ukuran Font pada dokumen bisnis Anda.

2. Integrasi Mulus dengan Sistem Yang Ada

Implementasi OCR yang sukses membutuhkan integrasi yang mulus dengan infrastruktur IT yang sudah ada di perusahaan.

Solusi OCR yang mudah diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada di perusahaan, seperti perangkat lunak ERP atau AP Automation akan meminimalkan gangguan operasional dan mempercepat waktu implementasi.

3. Akurasi yang Telah Teruji

Dalam memilih OCR, pastikan untuk mempertimbangkan akurasi tinggi dalam pengolahan teks.

Hal ini penting karena salah satu tujuan implementasi OCR untuk digitalisasi proses bisnis terkait efisiensi dalam pengolahan dokumen.

Tentunya, akan terjadi kesalahan ketika OCR tidak dapat mengenali teks pada dokumen dengan akurasi tinggi.

Akurasi OCR pada pengolahan teks menjadi perhatian utama jika dokumen yang diolah merupakan dokumen dengan berbagai jenis Font.

Selain itu, OCR harus dapat mengenali bahasa yang digunakan pada dokumen dengan akurasi yang tepat.

4. Mengenali Semua Format Dokumen

Penyedia solusi OCR Indonesia dapat membantu perusahaan mengelola beragam jenis dokumen dengan satu platform menggunakan teknologi modern.

Dalam hal ini, banyak perusahaan memiliki berbagai jenis dokumen yang diproses, termasuk dokumen fisik, dokumen digital, gambar, dan PDF.

Keuntungan menggunakan solusi OCR untuk mengolah berbagai jenis dokumen yaitu efektivitas dalam pengolahan dokumen.

Dengan bantuan penyedia OCR Indonesia, perusahaan dapat mengakses semua dokumen dalam satu platform yang dapat memproses dokumen fisik, dokumen digital, gambar, dan PDF.

Ini memungkinkan perusahaan mengelola berbagai jenis dokumen dengan mudah dan efisien.

5. Biaya yang Kompetitif

Beberapa solusi OCR mungkin terlalu mahal untuk penggunaan perusahaan, sementara yang lainnya mungkin terlalu murah, tetapi mungkin tidak memberikan kinerja yang cukup baik bagi perusahaan.

Maka dari itu, perusahaan perlu memperhatikan solusi OCR yang dipilih menawarkan opsi biaya yang sesuai dengan skala penggunaan perusahaan.

Memperhatikan biaya penggunaan solusi OCR dari sisi return on investment-nya.

Pilih paket solusi OCR yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola dokumen dengan baik dan mengurangi biaya operasional.

Paket lebih mahal tidak selalu lebih baik, terkadang perusahaan membutuhkan solusi OCR sesuai dengan volume dokumen yang diolah.

Konsultasi Gratis

Kesimpulan

Dengan memilih penyedia solusi OCR Indonesia yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, perusahaan dapat mengoptimalkan investasi dalam teknologi OCR.

Tentu saja, kemampuan mengotomatisasi proses pengolahan dokumen, meningkatkan akurasi, dan mengurangi beban kerja manual, solusi OCR yang disesuaikan tidak hanya membantu perusahaan beroperasi lebih efisien, tetapi juga meningkatkan produktivitas.

Tags:
Digitalisasi Proses BisnisDocument Data ExtractionIntelligent Document Processing ServicesInvoice OCR AILaporan Keuangan OtomatisOCROCR FakturOCR Gen AIOCR InvoiceOCR NanonetsOCR PDF Excel
Prev PostPanduan Mendeteksi dan Mencegah Penipuan Faktur
Next PostRPA untuk Mempercepat Otomatisasi di Bidang Finance

SAI adalah Distributor Produk maupun Solusi Teknologi Inovatif dengan Artificial Intelligent, Hyperautomation dan Data Transformation untuk membedakan bisnis customer kami dari persaingan dan meningkatkan produktifitas organisasi. Kami mengkhususkan diri dalam memecahkan tantangan bisnis yang kompleks, menciptakan nilai bisnis dan memberikan Solusi Transformasi untuk customer kami.

Alamat

Email: sales@solusiaplikasi.id
Telpon: +62 21 350 5050
Whatsapp: +62 821 1000 9519
Senin - Jum'at (08.00 - 17.00 WIB)
Block 21 Building, Jl. Siantar No.18, Cideng
Jakarta Pusat

Produk Kami

  • Nanonets
  • Syclus
  • Docuflo
Copyright © 2022 PT. Solusi Aplikasi Integrasi - Disrupting Business Game Play With Tech.